-->

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog Bisnis Online

www.ceritablogger.com

Cara meningkatkan traffic blog bisnis online anda. Bagi anda yang baru saja terjun di dunia bisnis online, mungkin masih banyak yang bertanya tentang bagaimana cara meningkatkan traffic blog, ko website saya gak ada pengunjungnya?

Jika anda baru tentu pertanyaan itu memang wajib ada dibenak anda sebagai calon pebisnis online yang nantinya akan terkenal seperti blogger atau pebisnis online lain yang sudah menjadi senior dan sukses.

Saat ini boleh dikatakan bahwa hampir semua orang sudah dapat masuk untuk mengakses internet, cuma kenapa kok visitor blog atau web saya setiap harinya tidak lebih dari 50 s/d 100 orang? Bahkan sering lebih kecil di bawah angka tersebut.

Baguslah kalau anda bertanya seperti itu, tandanya anda sadar dengan kondisi tersebut yang segera harus diperbaiki.

Pengunjung dari internet (bahasa inggris: Traffic) adalah orang yang datang ke blog atau web, dalam istilah lain yaitu "Visitor".

Saat ini traffic Internet bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta orang setiap harinya. Ini artinya orang yang melakukan aktifitas atau kegiatan di internet jumlahnya begitu banyak.

Lalu jika traffic banyak, seharusnya blog atau web anda mendapatkan banyak visitor juga bukan? Jika tidak berarti ada sesuatu yang harus betul-betul diperbaiki. Sebab target dari anda membuat sebuah blog atau web tentu adalah ingin mendapatkan traffic dan visitor.

Artinya anda pasti ingin blog atau situs anda ramai dikunjungi orang, ada banyak yang nanya, banyak yang membeli produk yang anda jual, atau banyak yang menggunakan jasa anda yang di promosikan lewat situs tersebut.

Sebelum membahas bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau lebih banyak pengunjung ke sebuah website, sebaiknya anda pahami dulu tentang jenis-jenis traffic secara umum seperti berikut.

  • Organic Traffic
  • An-Organic atau Paid Traffic
  • Direct Traffic

Organic Traffic
Traffic jenis ini didatangkan paling banyak dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari yang lain.

Pada saat orang mengetikan kata pencarian atau yang disebut dengan kata kunci (keyword) di mesin pencari, kemudian akan muncul sejumlah web, situs, atau blog dari hasil pencarian search engine tersebut.

Apabila orang kemudian memilih salah satu web dari hasil pencarian itu, maka blog, web, atau situs yang dipilih mendapatkan visitor yang disebut sebagai organic traffic. Oleh sebab itu ketika sebuah web memiliki peringkat tinggi untuk suatu kata kunci (keyword) tertentu, maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor yang berupa organic traffic akan semakin besar.

Ada juga organic traffic yang didatangkan selain dari mesin pencari, organic traffic ini bisa anda dapatkan dari media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter, Linked, Instagram dan dari media sosial yang lain.

Mereka yang berkunjung dan didatangkan dari media sosial juga disebut sebagai organic traffic. Faktor lain yang bisa mendatangkan organic traffic atau visitor unik yang disebut sebagai pengunjung alami ini, bisa juga didapatkan dari backlink blog anda yang ada di situs atau website lain.

Keuntungnya yang diperoleh dari Organic Traffic

  • Tentunya mereka adalah traffic gratis. Artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan traffic organic ini, tetapi cukup dengan melakukan optimisasi SEO pada blog anda.
  • Keuntungan lain dari organic traffic adalah bisa untuk jangka panjang. Artinya apabila kompetisi untuk kata kunci konten di blog atau web anda persaingannya tidak terlalau tinggi, tentu posisi ranking blog atau situs anda di search engine bisa bertahan selama berbulan-bulan bahkan bisa tahunnan berada di halaman pertama pada hasil pencarian.
  • Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan kredibilitas sebuah situs. Dengan berada di posisi pertama atau di 10 besar pada hasil pencarian search engine, jelas itu akan meningkatkan kredibilitas untuk sebuah website ataupun blog. Sebab salah satu mesin pencari seperti Google selalu memilih web, situs atau blog yang punya prestasi baik untuk bisa tampil pada peringkat atas di jajaran hasil pencarian.
  • Organic traffic yang didatangkan dari mesin pencari seperti Google, akan lebih mudah dikonversi menjadi pembeli. Sebab organic traffic merupakan pengunjug tertarget, artinya para visitor yang didatangkan dari mesin pencari adalah mereka yang betul-betul sedang mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Hal ini jelas akan lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan calon pembeli atau pengguna jasa yang anda tawarkan di blog, situs, atapun website anda.

Kekurangan dari Organic Traffic


Apa kekurangan dari Organic traffic ini? Kekurangannya adalah tidak bisa didapatkan dalam jangka waktu yang singkat. Melakukan Search Engine Optimization (SEO) akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika anda bertanya harus berapa lama? Faktor itu tergantung dari konten dan kata kunci (keyword) yang anda gunakan di blog, situs, atau website anda.

Jika kata kunci yang anda gunakan termasuk berada di kelas menengah (Medium) untuk dapat menndatangkan organic traffic ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 s/d 3 bulan atau lebih. Lalu jika ingin lebih cepat bagaimana?

Kalau pengen lebih cepat ya silahkan menggunakan cara promosi situs anda dengan beriklan baik di Google Adword, Facebook Ads, atau menggunakan jasa layanan iklan PPC ditempat lain, dan ini tentunya berbayar.

An-organic atau Paid Traffic
Traffic ini jelas didatangkan dari promosi seperti iklan, atau media atau jasa yang anda bayar. Hanya saja kelemahan dari paid traffic ini adalah bisa berkurang pada saat anda tidak lagi beriklan.

Jenis paid traffic contohnya anda mempromosikan web atau situs anda dengan memasang iklan seperti di Google Adword, Facebook Ads, atau anda memasang iklan di PPC lain.

Direct Traffic
Direct traffic atau traffic langsung. Adalah sejumlah visitor atau kunjungan yang didatangkan dari berbagai media ataupun perantara.

Seperti kita menyebarkannya melalui email, sms, memasang sticker yang berisikan alamat web anda, atau mempromosikan lewat cara ngobrol dengan orang lain, yang kemudian mereka mengetikan alamat url blog atau web anda secara langsung di browser yang mereka gunakan sehingga mereka bisa mengunjungi situs anda.

Jika anda adalah salah satu orang yang ingin serius membangun sebuah web, situs, ataupun blog untuk bisnis online.

Saya sarankan anda bisa menggabungkan ketiga cara yang sudah dijelaskan di atas tadi, untuk mendapatkan sumber traffic dan visitor sebanyak-banyaknya.

Selain itu ada beberapa cara yang saya rasa cukup penting untuk anda lakukan sebagai cara optimisasi SEO diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lakukan optimisasi SEO untuk kata kunci (keyword) dengan keyword tool dan bisa anda gunakan alat untuk reset keyword milik Google disini KeywordPlanner.

  • Selalu gunakan email serta berbagai Media Sosial seperti, Facebook, Twitter, Google Plus dan media sosial lain untuk mempromosikan blog, situs, atau web Anda.

  • Gunakan anggaran atau biaya untuk memaksimalkan traffic marketing seperti memasang iklan di Facebook Ads, Google Adword, atau PPC yang lain.

  • Gunakan offline marketing dengan cara romosi blog, web atau situs anda bisa lewat ngobrol, atau menempelkan stiker di angkot atau bus kota. Bisa juga dengan menempelkan stiker si sekolahan, kantor, ataupun tempat-tempat yang strategis.

  • Promosi melalui media sosial seperti lewat SMS, BBM, dan yang lainnya.

  • Gunakan dengan baik dan aktif di berbagi Forum seperti  Kaskus, Detik.com, Bersosial.com dan forum lainnya untuk berpromosi dan mendapatkan traffic bagi situs anda.

  • Bisa juga dengan cara membuat artikel di beberapa market place seperti di Tokobagus.com, Bukalapak.com, Tokopedia,dan masih banyak lagi market place yang bisa anda manfaatkan untuk berpromosi situs anda dan mendatangkan visitor dari sana.

Saya rasa jika anda bisa memaksimalkan beberapa cara untuk meningkatkan traffic blog yang telah saya jelaskan di atas.

Maka untuk beberapa bulan kedepan pengunjung blog anda pasti akan meningkat dengan baik bahkan bisa mendapatkan visitorc yang semakin tinggi.

Tetapi sekali lagi saya ingin tekankan bahwa ini bukan cara yang instan bagi anda untuk meningkatkan jumlah visitor dalam wangktu yang singkat.

Butuh waktu cukup lama dalam prosesnya, serta butuh ketekunan serta semangat yang tinggi untuk dapat meraih dan mencapai keberhasilan dalam membangun sebuah bisnis online.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2