-->

CARA FLASH SAMSUNG GALAXY TAB3 V SM-T116NU 3

flash-samsung-galaxy-tab-3-v-sm-t116nu

Buat kalian yang sampai mampir baca artikel ini. Pastinya sedang mengalami masalah dengan smartphone Samsung Galaxy Tab3 V SM-T116NU bukan?

Entah itu karena tablet kalian mengalami bootloop, banyak aplikasi error, atau bisa juga mungkin kalian lupa pola atau sandi.

Hang logo atau yang lebih dikenal dengan istilah bootloop, memang sudah bukan hal asing lagi. Hampir semua perangkat smartphone berbasis android seringkali mengalami masalah bootloop tersebut.

Untuk mengatasi tablet samsung kalian yang mengalami masalah kerusakan pada software. Bisa diselesaikan dengan cara di install ulang kembali atau di flash.

Berikut saya akan jelaskan step by step, bagaimana cara flash tablet samsung Galaxy Tab 3 v dengan seri SM-T116NU.

Buat pemula, disarankan untuk membaca panduannya dengan baik, sebelum melakukan proses flashing. Untuk menjaga adanya kesalahan yang justru bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal.

Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan, silahkan kalian download pada link di bawah ini. Jika semua sudah siap lanjut ke proses flash.


Sebelum melakukan flash, matikan tablet samsung. Kemudian tekan dan tahan 3 tombol pada tablet kalian untuk masuk ke kondisi download mode, agar nantinya bisa di flash dengan Odin flashtool.

  • Untuk masuk ke mode download, tekan tombol volume Bawah + tombol Home (tengah)+ tombol Power.
  • Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, lanjutkan dengan menekan satu kali tombol volume atas.
  • Jika sudah masuk ke mode download, hubungkan tablet ke komputer menggunakan kabel data.
  • Langkah berikutnya buka aplikasi Odin flasher.
  • Pastikan di bagian ID:COM sudah berwarna biru dan muncul port. Itu menandakan bahwa tablet samsung sudah terhubung dengan baik ke komputer.
  • Pada bagian kotak PDA isikan firmware yang sudah kalian download.
  • Tunggu hingga loading file selesai, lanjutkan dengan menekan tombol START, untuk memulai proses flashing.
  • Tunggu hingga proses installasi software selesai. Jika berhasil maka tablet akan restart sendiri.

Jika proses flash gagal atau berhenti sebelum selesai. Ada kemungkinan firmware yang digunakan dengan tablet samsung galaxy tab 3 v sm-t116nu milik kalian tidak cocok.

Atau coba dulu gunakan kabel data lain. Karena bisa jadi kegagalan flash disebabkan akibat koneksi buruk antara tablet dengan komputer yang disebabkan karena kabel datanya jelek.

Tetapi apabila kegagalan mungkin disebabkan karena firmware yang tidak cocok. Ada baiknya kalian cari dan gunakan firmware lain yang benar-benar sesuai dengan type versi tablet kalian.

Meskipun firmware yang saya bagikan sebenarnya sudah di tes sendiri dan berhasil. Tetapi tidak menutup kemungklinan, bisa saja tidak cocok dengan perangkat yang kalian punya.

Untuk yang masih belum jelas dengan membaca tutorial ini. Berikut di bawah ini kalian bisa simak video tutorial cara flash tablet Samsung Galaxy Tab 3 V SM-T116NU.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2