-->

Panduan Lengkap Cara Membuat Website

www.ceritablogger.com

Panduan lengkap cara membuat website atau cara membuat blog. Harus dipahami terlebih dahulu tahapan yang benar dalam membuat sebuah website maupun blog. Apakah itu blog bisnis online atau hanya blog biasa saja.

Alasannya adalah supaya kedepannya nanti segala pekerjaan yang anda lakukan dalam kegiatan membuat blog atau website tersebut tidak menjadi sia-sia hanya karena pada akhirnya blog malah sepi pengunjung.

Oleh sebab itu sebaiknya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja hal-hal penting yang harus dikerjakan. Berikut ini adalah beberapa tahap penting yang menurut saya wajib dipersiapkan dan dikerjakan.

Tahapan Lengkap Cara Membuat Website

Pilih Topik atau Tema Umum

Anda harus memilih tema atau topik apa yang ingin dijadikan sebagai topik utama untuk blog atau website yang akan anda buat. Penentuan topik ini penting untuk ditentukan sejak awal. Supaya nantinya anda tidak akan dibuat pusing untuk membuat artikel apa.

Contoh topik umum (misalnya; teknologi, news, olahraga, lifestyle, musik, galery, celebs) dan masih banyak lagi. Pilih salah satu dari topik umum yang telah anda catat. Misalnya anda ingin memilih topik tentang "Teknologi".

Mempersempit Topik Yang Dipilih

Karena topik umum "teknologi" itu cakupannya masih sangat luas, maka anda harus mempersempitnya lagi. Apa saja yang temasuk topik teknologi (misalnya; motor, mobil, gadget, komputer, servis). Untuk contoh misalnya anda pilih lagi "servis".

Nah untuk topik servis inipun masih harus dipersempit lagi yang tujuannya supaya nanti anda bisa lebih fokus membahas satu topik tertentu yang akan dijadikan sebagai tema utama untuk blog.

 Misalnya (servis komputer, servis printer, servis motor, servis mobil, servis handphone). Anda pilih salah satu contoh misalkan anda memilih topik "servis komputer".

Sampai pada tahap ini anda sudah memiliki satu topik tertentu yang lebih spesifik yaitu "servis komputer" sebagai topik utama, yang nantinya topik tersebut akan dijadikan sebagai fokus utama bagi anda dalam hal mencari konten yang berhubungan dengan kegiatan servis komputer.

Riset Kata Kunci Untuk Topik

Tahap berikutnya setelah anda mendapatkan sebuah topik utama yang sesuai dengan keinginkan anda, adalah kegiatan melakukan riset kata kunci untuk topik yang dipilih tersebut. Dalam hal melakukan riset kata kunci ini anda bisa menggunakan dan memanfaatkan toll gratis yaitu "Google Keyword Planner".

Gunakan keyword planner ini untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci yang paling banyak dicari dan berhubungan dengan topik utama yang telah anda pilih. Kenapa harus mendapatkan lebih banyak kata kunci, supaya kedepannya anda tidak kehabisan ide untuk membuat artikel. Misalnya anda memperoleh kata kunci sebanyak 100.

Nantinya untuk satu kata kunci anda buatkan satu artikel. Jika saja anda merencanakan akan membuat satu artikel untuk setiap harinya dan anda sudah memiliki 100 kata kunci, berarti anda mempunyai target sebanyak 100 artikel dan itu cukup untuk tiga bulan kedepan.

Membuat Website atau Membuat Blog

Selanjutnya setelah anda melakukan riset keyword dan sudah memiliki banyak kata kunci untuk artikel-artikel anda, maka saat yang tepat bagi anda untuk memulai tahap membuat website.

Pilih apakah anda akan membuat web berbayar atau yang gratisan. Kemudian sejak awal tentukan template yang menurut anda paling bagus. Usahakan pilih template yang seo friendly dan responsiv.

Ada banyak situs yang menyediakan template seo friendly, silahkan mencarinya di internet. Ada template yang gratis yang bisa anda download, ada juga template seo friendly yang berbayar.

Mungkin ini berguna untuk melengkapi, silahkan anda baca artikel tentang :

# BAGAIMANA CARA MEMBUAT BLOGSPOT DI BLOGGER
# APA FUNGSI TEMPLATE SEO FRIENDLY
# CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET 

Menulis Artikel Berkualitas

Setelah langkah membuat blog dan memilih template, tahap selanjutnya adalah mengisi blog dengan artikel-artikel unik yang berkualitas yang nantinya bisa menjadi artikel pilar bagi blog anda.

 Usahakan agar pada setiap artikel yang di publikasikan memiliki kata kunci yang berhubungan dengan topik utama blog. Gunakan teknik link buliding yang baik dan relevan untuk lebih memudahkan mesin pencari dalam membaca seluruh konten yang ada di dalam website anda.

Melakukan Optimisasi SEO dan SMO

Artikel yang berkualitas belum cukup untuk bisa membuat blog anda dapat menempati peringkat atas di hasil pencarian search engine seperti Google, Bing ataupun Yahoo.

Karena itu anda harus melakukan Search Engine Optimization (SEO). Selain itu anda juga harus melakukan Sosial Media Optimizatioan (SMO).

Kedua optimisasi ini perlu dan penting dilakukan untuk lebih memaksimalkan agar blog anda bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Ini penting kedepannya untuk meningkatkan organic traffic dan visitor ke blog anda.

Cara Promosi Blog

Ketika web sudah dibuat dan telah diisi dengan sejumlah artikel serta anda rutin melakukan update secara teratur, maka saatnya anda mulai mempromosikan blog supaya lebih dikenal oleh banyak orang di Internet.

Cara promosi blog bisa dilakukan secara online maupun offline. Ini penting sebagai salah satu usaha anda dalam meningkatkan peringkat serta polpularitas blog.

Promosi bisa juga berupa iklan seperti anda beriklan menggunakan layanan iklan berbayar di Google Adword atau Facebook Ads. Bisa juga dengan berpromosi secara gratis di berbagai media sosial dan di forum online.

Monetisasi Blog Cara Untuk Mendapatkan Uang

Ini sebagai tahap akhir dari proses membuat website. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan terus harus anda lakukan secara rutin dan teratur, maka saatnya bagi anda untuk memilih cara monetisasi blog.

Monetisasi adalah cara agar blog bisa mendatangkan penghasilan tentu saja berupa uang yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan bagi anda untuk setiap bulannya.

Ada banyak cara monetisasi blog yang bisa anda ikuti di internet sebagai usaha bisnis online anda untuk meningkatkan pendapatan dari blog.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2