-->

Solusi Bisnis Menggunakan Teknologi VOIP

busines-voip-solution

Solusi bisnis menggunakan Teknologi VOIP. Di beberapa negara berkembang dan negara maju seperti Amerika Serikat sebagian besar telah menggunakan teknologi VOIP untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis mereka melalui internet. Voice over Internet Protocol (VOIP) ini diperkirakan akan semakin sangat meningkat di kalangan para pebisnis termasuk di negara-negara Asia Tenggara.

Solusi bisnis menggunakan VOIP ini menurut analis In-Stat dapat menghemat biaya serta mengoptimalkan efisiensi. Voice over Internet Protocol merupakan sebuah teknologi di mana media internet dapat digunakan untuk melakukan komunikasi suara dalam jarak yang jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti suara saat berkomunikasi melalui telepon kemudian diubah menjadi data digital lalu dikirimkan melalui jaringan secara real time yang berupa paket data.

Cara kerja komunikasi VoIP ini, pengguna melakukan komunikasi via telepon lewat terminal yang berupa Personal Computer bisa juga berupa seperti telepon biasa. Komunikasi telepon yang menggunakan teknologi VoIP ini, mendapat cukup banyak keuntungan contohnya: biaya telpon lebih murah dari tarif telepon biasa, ini disebabkan jaringan IP yang digunakan sifatnya global. Bahkan untuk komunikasi dalam jaringan Internasional biayanya dapat ditekan sampai 70%. Keuntungan lain adalah mengenai biaya perawatan (maintenance) bisa dikurangi, sebab voice dan data network ini terpisah, oleh sebab itu Internet Protokol (IP) Phone bisa di tambahkan, dapat dipindahkan ataupun di ubah. Ini disebabkan VoIP bisa dipasang pada ethernet dan IP address manapun. Tidak sama dengan telepon biasa di mana harus memiliki port khusu pada Pusat atau Private branch exchange (PBX).

Cara kerja teknologi VoIP ini yaitu mengubah jenis suara yang bersifat analog seperti yang dihasilkan oleh speaker pada perangkat Personal Computer, menjadi paket data digital, lalu data dari PC tersebut diteruskan melalui: (Hub, Router, ADSL Modem) dan dikirim lewat jaringan internet yang nantinya dapat diterima oleh tempat tujuan lewat media yang serupa. Bisa juga menggunakan media seperti perangkat telepon kemudian akan diteruskan melalui Phone Adapter yang tersambung dengan internet sehingga nantinya dapat diterima oleh telepon yang di tuju. Pertumbuhan bisnis VOPI ini akan terus semakin berkembang karena diperkirakan akan semakin banyaknya  aplikasi yang digunakan oleh para pekerja mobile di negara-negara berkembang termasuk di negara-negara Asia.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2