-->

Batu Akik Ciangel Garut Terbaru

batu-akik-ciangel-garut-terbaru

Batu akik Ciangel Garut terbaru banyak diburu para kolektor. Setelah batu mulia hijau Ohen asal garut yang kini sudah sangat langka keberadannya, kini para penambang batu mulia di kota Garut Jawa Barat mulai mencari berbagai batu mulia ditempat lain, tetapi masih tetap disekitar kawasan kota Garut. Belum lama ini telah ditemukan batu mulia terbaru asal Ciangel. Sesuai tempat ditemukannya batu mulia ini, maka batu akik temuan baru tersebut juga diberi nama batu akik Ciangel.

Jenisnya cukup beragam, namun ada dua jenis yang dominan. Ada yang mirip pancawarna khas Garut layaknya pancawarna Edong, dan ada juga yang memiliki tekstur warna hijau toska. Namun ada ciri yang sangat khas pada batu mulia asal Ciangel ini, yaitu terdapat garis atau bercak tembaga pada yang pancawarna. Harga jual bongkahan batu Ciangel ini cukup lumayan berkisar antara 3 hingga 4 juta rupiah untuk 1 kilo gram bahan.

batu-garut-ciangel-pancawarna
Batu Ciangel Pancawarna
Taksiran para pengerajin batu akik di pasaran untuk 1 kg bahan bongkahan batu Ciangel ini bisa dibuat menjadi 15 samapi 20 buah batu akik. Jika bongkahan batu Ciangel untuk 1 kg seharga 4 juta rupiah, kalau dibagi 20 buah diperkirakan harga satu buah batu akik Ciangel yang sudah jadi ini modalnya Rp.200.000. Jadi kemungkinan dipasaran harga jual termurah untuk batu mulia Ciangel ini dibandrol sekitar 350.000 hingga 400.000. Namun untuk jenis batu Ciangel dengan kualitas supernya bisa terjual dengan harga mahal, bahkan bisa dilelang hingga 3 juta rupiah bahkan lebih.

batu-akik-garut-ciangel
Batu Ciangel Hijau Toska
Untuk jenis batu akik Ciangel kelas super, cirinya warna batu lebih banyak didominasi oleh warna hijau toska. Sementara untuk jenis Ciangel Pancawarna dominan memiliki ciri khas garis seperti tembaga. Meskipun tergolong jenis batu mulia yang belum lama ditemukan, namun harga jual dipasaran untuk jenis batu mulia Ciangel Garut yang asli ini harganya cukup pantastik.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2