-->

Cara Riset Keyword Menggunakan Adword Keyword Tool


Cara research keyword menggunakan adword keyword tool mudah dan praktis. Khususnya bagi para blogger, mencari kata kunci baik untuk judul maupun topik utama yang akan dibahas dalam sebuah artikel sepertinya sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Meskipun tidak ada jaminan sebuah tulisan akan terindex dengan cepat serta bisa berada dihalaman pertama pada mesin pencari, tetapi dengan menggunakan research keyword tentu akan dapat membantu meningkatkan optimasi on page bagi sebuah halaman agar mampu bersaing di mesin pencari.

Artikel dengan tulisan yang berkualitas dan memiliki konten unik saja mungkin belum cukup untuk memenangkan persaingan pada mesin telusur. Alasannya, karena search engine tetap hanya akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang diketikan oleh para penggunanya.

Oleh sebab itu, memilih kata kunci yang tepat dan relevan untuk sebuah topik maupun judul artikel merupakan tahap awal yang penting untuk dikerjakan.

Mungkin masih ingat dengan SEO (Search Engine Optimization), menggunakan adword keyword tool sebagai cara riset keyword merupakan salah satu bagiannya. Ada 2 cara mudah paling praktis untuk melakukan riset kata kunci.

Cara internal yaitu menggunakan alat bantu yang telah disediakan Google, yaitu adword keyword tool. Cara kedua yang boleh dikatakan sebagai keyword tool external bisa menggunakan bantuan software ataupun jasa situs online yang lain seperti ubersuggest.org.

Berikut akan kita bahas secara ringkas bagaimana melakukan riset kata kunci menggunakan kedua alat bantu tersebut.


Cara Riset Keyword Menggunakan Adword Keyword Tool

  • Sebelumnya login dulu menggunakan akun google.
  • Buka tautan berikut, keyword planner.

Ada beberapa pilihan tersedia yang bisa digunakan. Jika hanya ingin mencari dengan kata kunci tertentu bisa memilih "search for new keyword and ad group ideas".

Jika sudah memiliki beberapa kata kunci yang telah disimpan dalam bentuk file txt, anda bisa memilih pencarian dengan "get traffic forecasts for a list keywords", seperti yang terlihat pada gambar penjelas berikut.



Pilih salah satu untuk melakukan research keyword. Misalnya dengan memilih "search for new keyword and ad group ideas".

Kemudian akan terbuka kota dialog yang harus anda tambahkan beberapa perintah pencarian seperti kata kunci yang ingin dicari, lokasi target pencarian, keyword filter, data pencarian, dll.



Klik Get Ideas untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Maka akan ditampilkan banyak kata kunci yang bisa dipilih. Carilah keyword yang relaevan dengan topik yang akan dibahas, dan pilih beberapa kata kunci yang paling banyak volume pencariannya namun saingannya sedikit.



Bisa juga melakukan pencarian dengan banyak keyword, yaitu menggunakan pilihan ketiga yaitu "get traffic forecasts for a list keywords". Kumpulkan sebanyak mungkin kata kunci untuk topik tertentu lalu buatlah menjadi sebuah file txt.

Research Keyword Menggunakan External Toll

Salah satu external tool yang dapat membantu kita untuk melakukan research keyword misalnya menggunakan bantuan online jasa situs lain.

Buka tautan berikut ubersuggest.org.





  • Pada kotak pencarian ketikan kata kunci yang diinginkan.
  • Tentukan lokasi target pencarian seperti terlihat pada gambar penjelas.
  • Klik "Suggest" untuk melanjutkan proses pencarian.
  • Untuk memilih semua kata kunci yang telah ditampilkan kemudian klik "Get".
  • Akan tampil kotak dialog yang berisi kata kunci hasil proses pencarian.
  • Klik "CTRL+A" untuk memilih semua keyword, lalu klik kanan dan "Copy".


  • Selanjutnya buka Notepad, klik kanan lalu paste kata kunci yang telah disalin tadi.
  • Simpan menjadi sebuah file dengan format txt.

Untuk melihat kata kunci mana saja yang volume pencariannya paling banyak dan saingannya sedikit anda kembali bisa menggunakan google adword keyword tool, dengan memilih "get traffic forecasts for a list keywords".



Sama seperti cara pertama tadi, bedanya dibagian ini anda harus mengupload file txt yang isinya berupa kumpulan kata kunci yang sudah disimpan. Dengan cara klik di bagian menu "Choose file". Jika sudah klik "Get forecasts" dan lihat hasilnya.

Bagaimana cukup mudah dan praktis bukan? Memang ada banyak sekali perangkat lunak yang tersedia dan dijual secara online yang bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan riset kata kunci, tetapi pastinya software tersebut berbayar.

Tetapi jika ada cara research keyword yang gratis dengan hasil yang juga masih sangat baik, kenapa tidak. Selain gampang serta bebas biaya, cara ini tergolong cukup jitu untuk melakukan riset kata kunci.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2