-->

Batu Jasper Indonesia Memiliki Banyak Jenis

batu-jasper-indonesia
Batu Jasper Indonesia mempunyai berbagai jenis motif, warna, dan nama. Batuan ini termasuk salah satu jenis batu yang bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Jasper tergolong salah satu jenis batu yang memiliki tingkat kekerasan cukup tinggi, yaitu kurang lebih sekitar tujuh skala moch.

Karangnunggal dan Buniasih yang terletak di wilayah Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat, adalah dua tempat yang dikenal sebagai penghasil batu Jasper.

Jenis yang bisa didapatkan di kedua daerah tersebut terdiri dari berbagai warna dan motif yang berbeda-beda. Namun yang paling dominan adalah Jasper berwarna merah pekat dan merah bercampur warna hitam.

Paduan beberapa unsur warna seperti merah, kuning, hitam, hijau dan putih, serta motif serat berbentuk garis juga seringkali ditemukan pada bongkahan batu Jasper di lokasi penggalian.

Jasper yang memiliki banyak warna dengan beragam motif ini lebih dikenal dengan nama batu Pancawarna, tetapi jenis pancawarna yang memiliki beragam corak warna dan motif tersebut tidak sebanyak seperti Jasper merah darah pada umumnya.
batu-jasper-merah-motif
Jasper Buniasih & Karangnunggal

Untuk bongkahan jenis batu jasper merah di daerah Buniasih dan Karangunggal, harga jual di pasaran tergolong cukup murah, berkisar antara 20.000 hingga 30.000 rupiah per kilo gram.

Sementara untuk batu Jasper jenis Pancawarna harganya berkisar antara 50.000 hingga 200.000 rupiah untuk 1 kilo gram bongkahan batu, tergantung kualitas dari batu tersebut. Lebih banyak warna dan motif pada bongkahan batu, harganya akan semakin mahal.
batu-jasper-nagasui
Batu Jasper Pancawarna Nagasui

Selain di beberapa daerah tersebut, batu Jasper juga ditemukan para penggali di daerah Banten yang masih terletak di propinsi Jawa Barat dan di Purbalingga Jawa Tengah.

Namun di daerah tersebut Jasper Pancawarna ini lebih dominan memiliki warna hijau dan orange, sehingga lebih banyak para pecinta batu mulia menyebutnya dengan nama batu akik Klawing dan Naga Sui.
jasper-pancawarna-bergambar
Batu Jasper Pancawarna Bergambar
Jenis batu Jasper Pancawarna inilah yang sekarang kian banyak diburu para penjual batu mulia tanah air dan juga oleh para kolektor batu permata. Dari semua jenis bongkahan batu Jasper merah ataupun Pancawarna, sering ditemukan motif bergambar.

Jenis batu bergambar itulah yang nantinya bisa terjual dengan harga yang sangat fantastis, Bahkan untuk satu buah batu akik Jasper Pancawarna yang telah menjadi juara nomor satu di pameran batu akik, ada yang harganya mampu terjual hingga ratusan juta rupiah.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2