-->

Cara Setting Domain Rumahweb Dengan Domain Blogger Terbaru

custom-domain-blogger-rumahweb

Cara Setting Domain Rumahweb Dengan Blogger. Sebagai posting perdana blog ini sengaja saya ingin membahas topik mengenai bagaimana cara mengganti domain blogspot ke domain sendiri yang dibeli dari Rumahweb.

Kebetulan karena domain blog ini juga baru, jadi sekalian saja saya buat posting tentang bagimana cara setting domain blogspot dengan custom domain sendiri dari Rumahweb.

Hal penting pertama pastikan Anda sudah punya blogspot, kalo belum bikin dulu blogspotnya di blogger. Jika sudah punya baru anda mendaftar untuk membeli domain di Rumahweb.com.

Setelah anda mempunyai dua domain, yang satu domain blogspot di blogger, dan satunya lagi custom domain yang dibeli dari rumahweb, sekarang saatnya anda mengerjakan setting Add Record DNS.

Pertama lakukan setting manage domain di rumahweb terlebih dulu. Setting Add Record DNS ini dilakukan untuk sinkronisasi antara kedua domain tersebut agar bisa terhubung dengan baik.

Caranya silahkan anda login ke situs Rumahweb dengan akun anda. Setelah masuk di client zona kemudian anda klik menu domain, maka akan terbuka halaman domain milik anda.

Selanjutnya silahkan klik "Manage Domain". Sengaja saya menggunakan beberapa gambar penjelas, supaya pembaca lebih memahami dan mudah mengerti bagaimana cara melakukan setting antara domain blogspot di blogger yang akan diganti dengan custom domain milik sendiri sendiri yang dibeli dari Rumahweb.

Dari Percobaan yang dilakukan penulis sebelum artikel ini ditulis, semuanya berjalan lancar. Ternyata untuk saat ini dengan system yang baru tidak perlu menunggu terlalu lama. Pada saat setting untuk kedua domain sudah benar, saat itu juga langsung custom domain bisa digunakan mengganti domain blogspot.


Berikut Di Bawah Ini Gambar Penjelas Untuk Setting Kedua Domain

  •  Pada halaman pengaturan domainku anda harus melakukan "Manage Domain".
custom-domain-blogger-rumahweb

  • Setelah masuk ke halaman Manage Domain. Di halaman inilah anda harus melakukan setting Add Record DNS, caranya yaitu anda klik pada Managemen Tools lalu klik Manage DNS. Lihat gambar berikut.
custom-domain-blogger-rumahweb

  • Kemudian anda akan masuk di halaman setting Add Record DNS, di sini anda harus melakukan setting Add Record sebanyak 6 kali. Ikuti caranya seperti berikut di bawah ini.
custom-domain-blogger-rumahweb

  • Pada kolom Domain untuk setting A Record dikosongkan saja.
  • TTL biarkan defaultnya yaitu :14400
  • Untuk Record Type pilih : A
  • IP blogger yang harus anda masukan ada 4 yaitu :
  1. 216.239.32.21 
  2. 216.239.34.21 
  3. 216.239.36.21 
  4. 216.239.38.21  
  • Jadi anda harus membuat Add Record sebanyak 4 kali untuk ke empat IP Blogger yang berbeda.

    Sampai disini stop dulu, silahkan Anda buka tab baru di browser kemudian login ke akun blogger anda dan lakukan setting dengan memasukan custom domain yang dibeli dari Rumahweb ke blogger. Caranya seperti berikut.

    • Login ke blogger dengan akun anda
    • Pada Dashboard klik Settings
    • Kemudian klik add acustom domain
        custom-domain-blogger-rumahweb

        • Pada halaman ini anda akan diberikan 2 kode seperti terlihat pada gambar di bawah. Catatan kode tersebut hanya untuk contoh saja, sebab kode yang akan anda dapatkan pasti berbeda.
          1. www  dan  ghs.google.com 
          2. c4ybbfcaxw  dan  gv-y3s3mhjifg6mmk.dv.googlehosted.com







          • Kode itulah yang akan di masukan pada setting Add Record untuk CNAME di setting Manage DNS Rumahweb. Pada setting tahap ini anda perlu memasukan kedua kode tersebut, kode yang pertama yaitu (www dan ghs.google.com) dan kode kedua berupa kode random dan untuk masing-masing akun akan diberikan kode yang berbeda.

          custom-domain-blogger-rumahweb

          • Tahap akhir membuat 2 Add Record untuk Type CNAME caranya, pada kotak Domain anda masukan www dan pada Destination isikan ghs.google.com .
          • Kemudian untuk CNAME yang kedua kode ke 2 pada kolom Domain isikan kode pertama yang ada di blogger dan pada Destination masukkan kode kedua yang didapat dari blogger, jika sudah jangan lupa untuk menyimpannya. Agar lebih jelas lagi silahkan lihat gambar di bawah ini.
            custom-domain-blogger-rumahweb

            custom-domain-blogger-rumahweb

            • Sehingga nanti hasilnya akan terlihat ada 6 Add Record DNS yang anda buat pada setting Manage DNS di rumahweb, seperti pada gambar berikut.

            custom-domain-blogger-rumahweb

            Masih tinggal satu langkah lagi selanjutnya yang harus Anda kerjakan sebagai tahap akhir adalah menyimpan setting domain di blogger.

            Silahkan masuk kembali ke setting di dashboard blogger, pada settingan Add a custom domain anda masukan alamat lengkap domain yang di dapat dari Rumahweb, misalnya : www.multitech.top. Jangan lupa untuk memasukan (www), dan ceklis pada kotak Redirect supaya nantinya alamat situs Anda dapat diakses tanpa menggunakan www, jika sudah klik Save.


            mengatasi-url-tanpa-www


            Apabila semua langkah yang dikerjakan dari tahap awal sudah benar, seharusnya pekerjaan anda selesai sampai tahap ini.

            Jika pada saat anda klik Save berhasil, maka secara otomatis sekarang domain blogspot anda telah berganti menjadi custom domain milik sendiri yang anda beli dari Rumahweb.

            Itulah bagaimana cara mengganti domain blogspot ke custom domain sendiri yang dibeli dari Rumahweb. Semoga tulisan mengenai panduan cara setting custom domain Rumahweb dengan Blogger ini bisa membantu dan bermanfaat.

            Berlangganan update terbaru:

            Iklan Atas Artikel

            Iklan Tengah Artikel 1

            Iklan Tengah Artikel 2