-->

Jangan Menyerah Setelah Melalui Kesulitan Akan Ada Kemudahan

Jangan menyerah, sebab setelah anda menemui kesulitan pasti akan menemukan ada kemudahan. Jika anda sampai membaca tulisan ini berarti anda benar-benar sedang mendapatkan kesulitan rupanya. Apakah karena anda seorang blogger baru yang sedang belajar membuat sebuah blog, dengan harapan ingin mendapatkan penghasilan seperti blogger lain yang telah lebih dulu sukses?

Tetapi ternyata anda kini merasa hampir putus asa karena tidak juga sukses. Atau mungkin anda sedang merasa kesulitan sebab usaha anda dari kegiatan ngeblog yang bahkan sampai tidak tidur, ternyata tidak juga membuahkan hasil dan mendapat traffic pengunjung yang banyak seperti yang diinginkan.

Jika bukan itu alasannya, mungkin bisa juga anda kesasar sehingga sampai membaca tulisan ini. Kenapa saya bilang begitu? Sebab tulisan dari judul artikel ini saja sengaja tidak saya cari menggunakan riset keyword.

Saya hanya ingin menulis sebuah pengalaman yang kurang menyenangkan dari kegiatan blogger di masa lalu. Jika anda yang termasuk sedang merasa kesulitan dalam hal belajar ngeblog dengan alasan seperti yang saya sampaikan di atas, mungkin kondisi yang anda alami sekarang ini sama seperti yang saya rasakan dulu.

Hampir setiap hari jalan-jalan ke blog lain untuk berkomentar dan meninggalkan link menggunakan anchor teks. Selain itu juga karena ingin mencari inspirasi dan ide baru untuk setiap tulisan saya sebab ingin bisa update artikel secara teratur setiap harinya.

Pindah dari satu blog ke blog yang lain, membaca tulisan-tulisan yang berisi tips seo dari para master blogger yang telah sukses.

Bahkan tidak hanya itu, karena disarankan untuk bergabung di forum-forum ataupun di berbagai media sosial, maka sayapun melakukan setiap nasehat-nasehat tersebut.

Tetapi setelah satu sampai tiga bulan kemudian, sepertinya pengunjung blog tidak juga mengalami peningkatan yang lebih baik, paling banyak setiap harinya hanya ada 50 s/d 100 pengunjung.


tetap semangat blogging
Melihat keadaan blog dan hasil dari kegiatan yang dilakukan selama itu seolah tidak ada hasilnya, sedikit-sedikit perasaan bosan dan malas mulai menghinggapi hati dan pikiran.

Yang awalnya begitu bersemangat, kemudian akhirnya hampir merasa tidak percaya diri dan putus asa, sampai-sampai ada pikiran untuk meninggalkan kegiatan blogging dan ingin kembali mencari pekerjaan offline di dunia nyata.

Bayangkan saja selama 3 s/d 5 bulan saya ngblog tidak punya penghasilan, bahkan setelah ikut daftar affiliasi iklan di beberapa jasa layanan iklan tetapi tidak juga menampakan hasil.

Terbesit di benak saya waktu itu, bagaimana bisa saya meneruskan kegiatan blogging sementara saya tidak punya penghasilan untuk makan dan keperluan yang lainnya dari kegiatan menjadi blogger tersebut.

Namun ternyata Tuhan selalu memberikan jalan, setelah tiga bulan berhenti ngeblog lalu saya bekerja di sebuah toko komputer yang juga menjual berbagai jenis handphone.

Hampir lupa sudah dengan acara ngeblog, tapi beberapa bulan kemudian karena di tempat itu ada komputer yang juga terhubung ke jaringan internet, maka sayapun iseng lagi membuka blog-blog yang pernah saya buat.

Kemudian terlintas dipikiran saya ketika itu untuk melanjutkan ngeblog sambil kerja di tempat tersebut. Cuma untuk bisa menulis artikel saja itu kalo tidak lagi sibuk, kadang tidak ada waktu sampai beberapa hari.

Hanya jika setiap ada waktu luang saja saya menyempatkan diri untuk baca-baca tips bagaimana agar blog bisa diterima di Google adsense. Kemudian saya berusaha mengerjakan semua tips-tips yang disarankan oleh beberapa blogger senior melalui artikel-artikel yang mereka tulis di blognya.

Setelah merasa cukup percaya diri, jujur saja waktu itu iseng saja blog saya daftarkan ke Google adsense, dan kemudian menunggu untuk di setujui atau tidak.

Selang beberapa hari karena cukup sibuk saya tidak bisa buka blog, baru ketika ada waktu saya buka gmail dan ternyata ada balasan dari Google bahwa pengajuan Adsense saya diterima.

Waktu itu betapa senangnya hati ini, serasa percaya dan tidak percaya. Kemudian saya segera masuk ke akun adsense dan mengambil kode iklan untuk ditempatkan di blog agar lebih cepat di approve pada tahap berikutnya.

Alhamdulillah setelah 24 jam kemudian iklan Google adsense akhirnya muncul di blog yang menunjukan bahwa pengajuan menjadi publisher iklan adsense saya telah disetujui.

Dari sanalah muncul semangat baru untuk kembali melanjutkan kegiatan blogging saya dengan serius. Sejak itu setiap hari mulai merencanakan untuk rutin melakukan update artikel dan menulis konten unik supaya kualitas artikel lebih baik.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari dan juga untuk menaikkan laju traffic. Akhirnya selang tiga bulan kemudian barulah saya menerima gajian pertama dari Google adsense, alhamdulillah walaupun hasil yang didapat masih sedikit dan itupun saya peroleh dari selama tiga bulan.

Tetapi  rasanya sangat menyenangkan sekali bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan saya ngeblog waktu itu. Sunggguh perjalanan yang melelahkan, tanpa bantuan secara langsung dari pakar seo, hanya dengan kemauan keras belajar dari para blogger senior yang telah lebih lama berpengalaman.

Itupun saya dapat dengan membaca dari blog ke blog, namun akhirnya dari semua kesulitan yang saya lalui tersebut tenyata ada kemudahan yang saya dapatkan.

Oleh sebab itu jika anda yang membaca tulisan ini adalah seorang blogger yang merasa kesulitan seperti yang saya alami, sebaiknya jangan putus asa. Bersemangat dan teruslah belajar memperbaiki diri.

Jika sampai hari ini anda belum berhasil juga, itu mungkin karena masih ada ilmu yang kurang, atau mungkin karena pengalaman anda masih sedikit dan harus banyak belajar dan belajar lagi.

Tetapi saya yakin, jika anda tidak menyerah dan terus berusaha bekerja keras satu saat nanti entah besok atau lusa anda pasti berhasil. Jangan menyerah sebab setelah melalui kesulitan akan ada kemudahan.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2