-->

15 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan dan Omset Bisnis

cara-meningkatkan-penjualan-dan-omset

Cara jitu meningkatkan penjualan dan omset toko offline atau online anda. Ada banyak sekali teknik, trik, ataupun strategis yang menjelaskan bagaimana cara meningkatkan omset dan meningkatkan penjualan produk. Namun tidak semuanya dengan sekejap lantas bisa membuat anda menjadi pengusaha sukses. Yang sering terjadi justru sebaliknya, banyak orang merasa kecewa dan putus asa setelah mempraktekan tutorial, atau panduan yang dijelaskan saat mengikuti seminar maupun setelah membaca buku panduan cara meningkatkan penjualan dan omset bisnis.

Menurut saya tidak ada yang salah dengan buku panduan yang anda baca. Begitu juga dengan senior pembimbing yang memberikan penjelasan ketika anda mengikuti seminar. Kebanyakan penyebab yang membuat anda belum berhasil dalam meningkatkan penjualan maupun omset usaha, adalah faktor cara dan pola pikir diri anda sendiri. Yah, cara anda berpikir (Mindset) sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Mau tidak mau keadaan selalu menuntut kita untuk lebih smart, terampil, dan lebih cerdas ketika merencanakan segala sesuatu, termasuk dalam hal membuat strategi bisnis.

Yang ingin saya jelaskan disini bukanlah trik sulap ataupun cara yang tidak masuk akal. Siapapun bisa melakukannya ketika mau melakukannya. Jadi yang paling penting adalah kemauan dulu. Karena sebetulnya tidak pernah ada cara yang instan atau cara sangat mudah yang dapat membuat anda menjadi orang kaya dan sukses dalam waktu singkat. Kecuali orang tua anda adalah orang kaya yang bisa mewariskan banyak harta, itu lain hal.

Betulkah anda ingin meningkatkan omset dan penjualan? Seberapa serius anda menginginkannya? Jika Ya! Berikut ada 15 teknik penting yang bisa anda kerjakan secara rutin sebagaiteknis agar anda dapat meningkatkan penjualan dan omset usaha setiap bulan.

15 Strategi Penting Meningkatkan Penjualan dan Omset

 

  • Kenali dengan benar hingga anda benar-benar memahami dan tahu segala sesuatu tentang produk yang akan anda jual, ini sangat penting. Jangan sampai anda mengatakan " Saya tidak tahu, saya hanya menjualnya saja katanya ini barang bagus". Ohhh...apa-apaan itu?
  • Kenali konsumen. Siapa orang yang nantinya betul-betul akan membutuhkan dan mau membeli produk yang anda jual. Tahap ini jangan sampai dilewati, sebab sebagus apapun pruduk yang anda tawarkan, jika produk dan harganya tidak cocok dengan konsumen, maka percuma anda menawarkannya terus-menerus.
  • Kenali lingkungan atau tempat dimana anda akan menjual produk tersebut. Apakah disana lebih banyak orang yang berpenghasilan besar, atau rata-rata penghasilan mereka sangat minim. Dengan begitu anda bisa merencanakan dan memilih produk apa yang paling cocok untuk dijual di lokasi tersebut.
  • Jika anda sudah memahami ketiga poin di atas, seharusnya anda sudah tahu betul apa yang cocok untuk anda jual? Pastikan harganya terjakau oleh pembeli. Pastikan produk yang ditawarkan memang dibutuhkan oleh orang-orang di tempat itu.
  • Penting untuk diingat! Harga sebetulnya bukanlah masalah, selama anda menawarkan produk tersebut kepada orang yang tepat. Justru penjualan anda akan lebih meningkat dengan menaikan harga barang, apabila yang dibutuhkan oleh konsumen anda adalah kualitas produk.
  • Jadi sangat penting untuk mengenali kecocokan antara barang yang anda tawarkan dengan calon pembeli. Tahap inilah yang justru paling banyak dilewati. Tanpa berpikir panjang si penjual menawakan produk kepada siapa saja, dengan harapan barangkali ada 1 atau 2 orang yang mau beli, dengan kata lain (untung-untungan). Cara itu tidak akan bertahan lama, dan anda akan mudah putus asa jika melakukan teknik berjualan dengan cara untung-untungan seperti itu.
  • Tahap penting berikutnya untuk meningkatkan penjualan dan omset usaha anda adalah promosi. Sama seperti cara di atas, dalam promosi penjual harus mengenali dulu calon pembeli dengan baik. Promosi harus dilakukan pada waktu yang tepat, kepada orang yang tepat, dan dengan cara setepat mungkin.
  • Ini termasuk bagaimana cara anda berpromosi, termasuk bagaimana bahasa anda dalam menjelaskan agar konsumen benar-benar mengerti dan paham tentang manfaat, kualitas, dan harga produk yang akan anda jual.
  • Membangun kepercayaan. Untuk jangaka panjang ini sangatlah penting. Anda jangan coba-coba menipu, membohongi, dan menjual produk dengan kualitas palsu. Walaupun harganya murah.
  • Teknik Closing yang tepat. Tahap akhir yang penting untuk selalu diterapkan ketika anda menawarkan dan menjual produk. Teknik closing yang saya maksudkan ini sangatlah sederhana. Karena lebih kepada memperhatikan perasaan konsumen agar merasa simpatik kepasa anda.
  • Buatlah calon pembeli merasa dihormati dengan tidak menggunakan kata-kata yang mengadung arti merendahkan (kedudukan, materi, dan pengetahuan) mereka.
  • Hindarai menggunakan kata-kata yang seolah-olah anda memaksa mereka untuk membeli.
  • Pilih produk yang tepat untuk orang yang tepat, lalu tawarkan pada waktu yang tepat dengan menjelaskan secara rinci tentang semua produk yang anda jual.
  • Tetaplah untuk selalu bersikap ramah dan sopan kepada setiap konsumen dalam menanggapi dan menjelaskan apapun  yang mereka tanyakan saat anda mempromosikan produk yang anda jual.
  • Berikan konsumen informasi yang benar tentang anda dan produk anda, agar kapanpun mereka mau bisa menghubungi anda bila perlu. Tinggalkan kepercayaan dan kesan yang baik untuk konsumen terhadap anda setiap kali selesai melakukan promosi, ataupun setelah menawarkan barang.
Semoga teknik yang telah diuraikan diatas dapat membantu memperbaiki cara anda dalam hal meningkatkan penjualan produk serta omset usaha yang saat ini sedang djalankan. Selain cara dan teknik tersebut, semangat dan kemauan untuk bekeja keras, berusaha sabar, tekun, dan jangan lupa selalu berdoa, merupakan upaya yang wajib dilakukan dengan rutin bagi mereka yang betul-betul ingin mencapai keberhasilan.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2