-->

Mengatasi Gagal Install Kali Linux Dual Boot Windows 8.1

cara-install-kali-linux-dual-boot

Cara mengatasi gagal install Kali Linux dual boot di Windows 8.1. Sudah banyak rekan-rekan kita yang membahas secara rinci bagaimana cara install Kali LInux dual boot di Windows 8. Sebetulnya caranya sama saja untuk install kali linux di semua versi windows. Anda bisa install kali linux from usb, maupun meggunakan dvd room.

Karena sudah banyak yang sharing tentang cara installnya, maka disini saya hanya ingin berbagi tips bagaimana jika anda mengalami kegagalan saat melakukan proses installasi kali linux. Karena ada beberapa teman yang selalu gagal install kali linux.

Setelah saya coba melakukan test install kali linux  versi 1.1.0a-i386.iso pada PC dengan mobo Assus P5K, yang menggunakan processor Core 2 duo, dan dilengkapi dengan VGA card dari Nvidia G-force 512mb. Ternyata memang mengalami kegagalan pada tahap memformat partisi. Dengan pemberitahuan kesalahan tidak ditemukan partisi untuk root.

Secara teori semua tahap installasi kali linux yang telah dijelaskan dalam setiap tutorial oleh rekan-rekan kita di internet, maupun yang bisa anda lihat langsung di sumber aslinya seharusnya itu sudah betul. Tetapi ternyata memang ada hal yang tidak terduga dan itu mengakibatkan terjadinya kegagalan instal kali linux.

Setelah dicari-cari ternyata kesalahannya ada pada tahap ketika memilih partisi utama ext4 yang akan dijadikan sebagai root bagi sistem kali linux. Untuk lebih lengkapnya lihat gambar penjelas berikut.


Perhatikan bagian "Mount point : /" itu menandakan bahwa partisi yang dipilih akan dijadikan sebagai root dengan tanda "/". Semestinya itu sudah pada posisi yang benar. Tetapi setelah meng-klik tombol "continue" untuk melanjutkan ke proses format patisi, ternyata kemudian muncul pemberitahuan gagal install.

Untuk beberapa orang mungkin tahap ini berjalan lancar, namun jika anda mengalami gagal install kali linux di tahap ini solusinya adalah dengan memilih terlebih dulu konfigurasi secara manual pada bagian "Mount poin" tersebut. Caranya anda klik 2 kali dibagian mount point tersebut, lalu pilih lagi root dengan tanda "/".

Kemudian klik 2 kali dibagian "bootable flag" untuk mengaktifkan sistem boot kali linux dari posisi "off" menjadi "on". Setelah itu baru lanjutkan ke proses installasi dengan meng-klik "Done setting up the partition", lalu klik "Continue".

Seharusnya sama saja bukan? Antara di klik dulu atau tidak, karena secara defaultnya pada bagaian "mount option" untuk partisi ex4 sudah terpilih menjadi root dengan tanda "/". Tetapi ternyata disinilah yang menyebabkan gagal format partisi root. Harus ditentukan dengan cara memilihnya lagi terlebih dahulu, sebelum melanjutkan ke proses format partisi.

Begitu juga pada tahap memilih partisi untuk "swap". Guna menghindari kegagalan, sebaiknya lakukan cara yang sama seperti di atas. Jika sudah, maka akan didapatkan dua partisi yang siap dijadikan sebagai ruang untuk installasi kali linux.


Itulah tips cara mengatasi gagal instal kali linux dual boot windows 8.1 maupun di versi windows yang lainnya. Sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan, dirubah, atau dikembangkan oleh siapa saja karena bersipat bebas (Opensource). Kali linux bisa dijadikan sebagai tempat dan alat untu belajar memahami berbagai macam fungsi dan manfaat sistem linux.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2