-->

4 Software Komputer Penting Untuk PC Gratis

software-komputer
Software komputer penting untuk PC dan gratis. Ketika membeli Komputer atau Laptop baru pastinya kinerja komputer tersebut berjalan dengan sangat baik.

Namun setelah cukup lama digunakan untuk bekerja, lama kelamaan kinerja komputer terasa menjadi lambat bahkan jadi sangat lelet.

Hal demikian itu memang sudah tidak aneh karena sering terjadi dan banyak dialami oleh para pengguna PC.

Tetapi banyak dari para pengguna ini yang tidak mengetahui apa penyebabnya sehingga perangkat komputer mereka menjadi lelet.

Salah satu alasan penyebab kinerja komputer menjadi lambat adalah terlalu banyaknya Software yang di install di PC tersebut.

Semakin banyak perangkat lunak yang di instal, maka akan semakin banyak juga ruang hardisk dan kapasitas memori yang terpakai. Hal itulah yang cenderung lebih sering menjadi penyebab komputer menjadi lelet.

Penyebab lain yang sering menimbulkan PC menjadi lelet adalah adanya virus. Kebanyakan virus komputer masuk melalui Flashdisk ketika menyalin file, dan dari browser saat Anda mendownload file, software, atau internetan.

Cara mengatasi masalah kinerja komputer yang lambat adalah dengan membuang semua software tidak penting yang tidak digunakan yang terinstall di PC.

Cara kedua menambah kapasitas hardisk dan memori, yaitu dengan membeli hardisk dan RAM baru kemudian memasangnya di PC Anda.

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan Software Komputer yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan kecepatan.

Software Komputer Penting Untuk PC

  • CCleaner. Perangkat lunak ini multi fungsi dan dapat membantu meningkatkan kinerja komputer dengan cara membersihkan history, cache, cookies, recent documents, dan file yang sudah tidak digunakan.
  • ADW Cleaner. Software gratis ini akan membantu membersihkan semua adware yang secara tidak disadari terinstal di PC Anda. Keberadaan adware sangat mengganggu ketika Anda berselancar internet, biasanya muncul berupa iklan di sana sini saat Anda membuka browser.
  • Microsoft Security Essentials. Software gratis ini merupakan anti virus full version yang dapat Anda download secara gratis, khusus bagi pengguna Windows. Software ini sangat berguna untuk menjaga agar PC Anda aman dari virus.
  • Process Explorer. Sebuah perangkat lunak yang dapat membantu Anda memberikan informasi dan melihat program apa saja yang sedang berjalan. Ini akan berguna untuk menghentikan software yang tidak digunakan. Sebab program yang berjalan di belakang sistem dan tidak digunakan hanya akan mengurangi kapasitas memori dan membuat komputer menjadi lelet.

Keempat Software Komputer tersebut cukup untuk membantu meningkatkan kinerja dan kecepatan PC Anda.

Sebaiknya digunakan secara rutin, atau setiap kali Anda merasa kinerja komputer terasa menjadi lambat.

Biasakan selalu scan Flashdisk atau sejenisnya setiap kali dihubungkan dengan PC, hal itu dilakukan untuk memeriksa secara rutin terhadap adanya virus.

Hal lain yang tidak kalah penting dan perlu diperhatikan adalah keseimbangan antara banyaknya Software yang di install di PC dengan kapasitas Hardisk dan Memori yang digunakan.

Sebaiknya jangan memasang program tidak penting yang jarang Anda pakai. Apalagi jika software komputer tersebut membutuhkan ruang hardisk dan memori yang cukup besar.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2