-->

Kontes Desain Logo di 99designs.com

kontes-desain-99design.com
Kontes Desain Logo di 99designs.com butuh keterampilan dan kesabaran. Jika dalam artikel sebelumnya membahas cerita kampung desainer menghasilkan 6 milyar, kali ini saya ingin kasih support buat sahabat desainer pemula yang baru saja bergabung untuk mencoba keberuntungan di sana, atau mungkin bagi kamu yang baru mau ikut daftar menjadi desainer di 99designs.com.

Namanya juga usaha, tidak ada salahnya mencoba. Siapa tahu keterampilan olah grafik kamu dalam membuat berbagai desain seperti logo bisa mendatangkan penghasilan yang mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi kamu yang baru ingin bergabung kalian jangan takut, sebab untuk daftar dan menjadi desainer di 99designs.com caranya sangat mudah, dan tidak ada syarat tertentu yang rumit.

Cukup punya email, tanda pengenal seperti KTP/SIM dan photo identitas diri. Data tersebut nantinya dibutuhkan untuk verifikasi ID, supaya akun kamu nantinya jadi akun dengan ID yang sudah di verifikasi. Ini penting, sebab jika akun kamu belum terverifikasi, maka kamu tidak bisa mengirimkan atau men-submit logo yang sudah kamu buat.

Mungkin ada yang bertanya bagaimana proses dari membuat desain hingga dapat menghasilkan uang? Ini adalah tahap awal yang harus dipahami betul, agar nantinya kamu tidak merasa kecewa. Di 99designs.com tugas kamu adalah mengikuti kontes desain.

Banyak kontes yang dapat kamu ikuti, dari mulai mendesain logo perusahaan, kaos, merk berbagai produk, dan masih banyak lagi kontes desain lainnya. Jika desain yang kamu buat terpilih sebagai pemenang dalam kontes yang kamu ikuti, maka saat itulah kamu akan mendapatkan bayaran berupa uang dollar dari pemesan logo, atau lebih dikenal sebagai CH (contest holder).

Tentang berapa besar uang dollar yang bisa kamu dapat jika menang dalam sebuah kontes? Itu tergantung jenis kontes yang kamu ikuti. Karena untuk tiap-tiap kontes bayaran yang ditentukan oleh CH jumlahnya tidak sama.

Mulai dari $150 bahkan ada yang totalnya hingga $5000 untuk satu pemenang, lumayan besar bukan? Hanya saja, rata-rata untuk kontes dengan bayaran lebih dari $1000 biasanya khusus bagi desainer yang sudah memiliki sertifikat.

Namun bagi para kreatif pemula dan yang belum memiliki setifikat khusus desainer, kamu gak perlu merasa khawatir karena banyak sekali kontes desain yang tetap bisa kamu ikuti tanpa harus memiliki sertifikat.

Meski bayarannya sekitar $200 untuk satu logo, namun jika kamu bisa menang kontes sebanyak 5 kali, toh hasilnya sama saja kamu bisa mendapatkan uang dollar sebanyak $1000.

Untuk bisa memenangkan sebuah kontes, memang tidak mudah. Maka dalam hal ini, kamu harus memiliki kreatifitas tinggi. Misalnya saja kamu ikut dalam kontes membuat logo untuk sebuah perusahaan, dalam hal mendesain logo tersebut, kamu harus membuat logo sesuai dengan keinginan dan kriteria yang telah dijelaskan oleh pemesan logo yang bisa kamu baca pada bagian menu Brief sebelum mendesain.

Selain itu kamu juga harus kreatif mencari ide dan gagasan yang berhubungan dengan logo yang akan dibuat. Misalnya kamu googleing dulu lihat logo-logo yang sudah ada di internet seperti apa warna dan bentuk yang lebih sering diinginkan untuk perusahaan tertentu.

Bukan harus mencontoh seperti logo yang sudah ada, tetapi hanya untuk dijadikan sebagai bahan referensi buat kamu dalam hal melengkapi ide saat membuat logo untuk kontes.

Hal lainnya yang sangat penting dimiliki oleh seorang desainer pemula yang bergabung di 99designs.com adalah kesabaran. Ketika kamu sudah menghabiskan banyak waktu untuk mendesain, kemudian hasilnya dikirim untuk ikut kontes, tapi akhirnya malah di eleminasi.

Itu artinya logo kamu tidak terpilih karena mungkin CH kurang suka. Hal itu pastinya akan membuat perasaan kamu kecewa bukan? Nah saat seperti itulah yang saya maksud butuh kesabaran.

Anggap saja kegagalan setiap kali mengikuti kontes sebagai usaha untuk belajar menambah pengalaman dan wawasan. Jadikan setiap kegagalan sebagai ilmu berharga untuk lebih memehami lebih dalam lagi tentang cara-cara membuat desain agar disukai CH.

Misalnya dengan sering mengamati seperti apa desain yang paling banyak menang dalam kontes. Jadikan kegagalan sebagai bahan pembelajaran agar kamu lebih berpengalaman dalam mendesain.

Misalnya belajar lebih dalam tentang bagaimana cara terbaik memadukan pola dan warna, serta dalam hal memilih gaya huruf yang disukai oleh penyelenggara kontes. Sebab jika kamu kurang sabar, niscaya kamu pasti gampang kapok dan gak mau lagi ikutan kontes desain.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2