-->

Cara Agar Bisnis Online Laris Terus

www.ceritablogger.com


Bagaimana cara agar bisnis online laris terus? Internet sudah semakin dikenal sangat luas temasuk di Indonesia. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan media internet, sehingga semakin hari semakin banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru di bidang bisnis online ini. Melihat mereka yang berhasil meraup keuntungan jutaan dari bisnis tersebut membuat para pemula juga tergiur untuk ikut andil dalam bisnis ini. Kondisi ini menurut saya adalah hal yang sangat wajar, karena siapapun berhak untuk berusaha mendapatkan keuntungan  dari kegiatan bisnis di internet. Jika orang lain bisa kenapa Anda juga tidak?

Hanya yang sering menjadi masalah adalah mindset, atau cara berpikir yang salah dalam menilai bagimana bekerja agar bisa menjalankan bisnis online tersebut dengan baik supaya berhasil. Tidak sedikit pemula yang bermunculan untuk mencoba terjun menggeluti dunia internet dengan harapan bisa berhasil dan sukses. Namun tidak sedikit juga dari mereka yang pada ahirnya pergi dan meninggalkan pekerjaan bisnis ini karena uang yang diharapkan tidak juga datang. Sebab merasa putus asa akhirnya kembali mencari pekerjaan offline yang lebih mudah, dan sayangnya itulah yang justru lebih banyak dialami yaitu kegagalan dalam menjalankan bisnis online ini.

Kenapa toko saya sepi? Mengapa bisnis online orang ko ramai pembeli? Jika itu yang menjadi pertanyaannya, menurut saya anda terlalu cepat bertanya soal itu. Baru berapa bulan anda menjalankan bisnis online sehingga anda bertanya "Kenapa bisa saya gagal?". Sebab kalau kegiatan anda dalam menjalankan bisnis online seperti dengan cara membuat blog baru dikerjakan selama 3 s/d 6 bulan misalnya, dan anda bertanya seperti itu, saya pikir anda bukan salah satu orang yang bisa sukses dalam meraih keberhasilan di bisnis ini. Kenapa begitu?

Anggap saja anda punya niat ingin menjadi peternak sapi dan ingin sukses menjadi pengusaha sapi. Kemudian anda membeli sapi anakan dan merawatnya seperti yang dilakukan peternak yang telah berpengalaman. Baru saja 3 bulan anda hendak menjual sapi yang masih kecil tersebut, sebab ingin cepat mendapat keuntungan. Lalu anda pergi ke pasar pelelangan sapi, karena di sanalah yang sudah jelas akan ada banyak pembeli sapi. Kira-kira apakah ada pedagang yang akan membeli sapi kecil anda itu? Meskipun mungkin harga yang anda tawarkan jauh lebih murah ketimbang sapi-sapi besar yang telah siap jual disana. Orang yang mau beli tentu ingin keuntungan juga, kalau pedagang membeli sapi kecil mereka harus merwatnya dulu sampai sapi itu besar, jadi saya pikir akan sulit bagi anda menjual sapi yang masih kecil itu di pasar pelelangan sapi yang saingannya adalah para peternak yang telah siap menjual sapi lebih besar yang sudah pantas di sembelih agar dagingnya bisa segera dijual.

Itulah mindset yang saya maksud. Begitu juga dengan blog atau situs bisnis online anda, jika baru tiga atau enam bulan saja anda membuat blog tentu artikelnya juga masih sedikit, demikian juga dengan pengunjung blog yang mungkin baru beberapa ratus orang per hari. Bagimana mungkin anda bisa meraup penghasilan yang besar jika pengunjungnya saja baru berkisar di angka ratusan orang seperti itu. Jangan terlalu terburu-buru ingin mendapatkan keuntungan, lebih baik anda rawat dulu blog tersebut dengan baik. Lakukan update secara teratur dengan konten unik yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pembaca blog anda. Rajin-rajinlah berkomentar blog lain terutama yang memiliki topik sama dengan konten blog anda, ini dilakukan dalam hal mencari backlink dan juga silaturahmi menambah teman dan pengalaman. Sebab hingga saat tulisan ini dimuat, backlink sampai saat ini masih mempunyai peranan cukup penting yang turut mendukung dalam hal meningkatkan peringkat blog atau web di mesin pencari.

Karena meskipun anda memaksa untuk ikut mendaftar menjadi publisher di berbagai program Affiliasi atau Adsense dan diterima, tetap saja hasilnya tidak akan memuaskan sebab visitor blog anda belum maksimal. Jadi biar tidak kecewa nantinya lebih baik berusahalah untuk meningkatkan dulu peringkat blog anda di mesin pencari, atau berusaha mempopulerkan blog anda supaya lebih terkenal seperti dengan memanfaatkan berbagai media sosial ataupun bisa juga dengan menggunakan iklan gratis, ada tersebar banyak di internet iklan gratis yang dapat anda gunakan untuk berpromosi.

Nanti jika visitor blog anda sudah mencapai di atas 1000 pengunjung per hari, baru anda lakukan untuk memonetisasi blog supaya bisa mendatangkan penghasilan bagi anda. Tetapi jika masih ada pertanyaan " Blog saya sudah berusia 1 tahun lebih, dan selalu update tetapi kenapa pengunjung tetep sepi? Mungkin masalah itu terjadi dengan topik yang anda pilih. Mungkin Anda salah memilih topik untuk blog anda, artinya topik yang anda bahas di blog tidak banyak di cari orang di internet, ya tentu kemungkinan blog anda akan sepi pengunjung. Tetapi kalau menurut pengalaman saya, jika anda sering melakukan update secara teratur misalnya selama 1 tahun sehari bisa 2 artikel saja berarti blog anda sudah memiliki kurang lebih sebanyak 700 artikel, sebetulnya kemungkinan traffic rendah ini jarang terjadi.

Perhatikan juga mengenai kualitas konten bukan kuantitas. Meskipun topik yang anda pilih banyak dicari orang, dan artikel sudah banyak tetapi apabila blog anda penuh dengan konten hasil copy paste (COPAS) mungkin itu salah satu penyebab utama blog anda tidak memiliki traffic. Hati-hati dengan alogaritma mesin pencari terbaru yang sekarang. Google memiliki 3 Alogaritma terbaru untuk mesin pencari mereka diantaranya yaitu: (Hummingbird, Penguin, dan Panda). Ketiga alogaritma tersebut bekerja saling berkesinambungan satu sama lain dalam hal memfilter blog yang termasuk webspam, over optimisai, dan blog yang banyak memiliki konten hasil copy paste. Untuk anda yang banyak memiliki banyak konten hasil copas, sebaiknya segera dihapus atau diganti dengan tulisan hasil pemikiran anda sendiri, jikapun harus beli artikel cek lagi lulus copas atau tidak, sebab tidak sedikit juga orang yang menjual artikel yang juga hasil copas.

Jangan merasa tenang dulu, untuk sementara waktu mungkin dampak dari ketiga alogaritma terbaru itu belum anda rasakan dan merasa aman-aman saja sebab blog anda mungkin belum sempat disinggahi karena jumlah blog yang mencapai ratusan juta lebih di seluruh penjuru dunia, tetapi nanti akan sangat terasa sekali dampaknya untuk webspam setelah ketiga alogaritma terbaru itu membaca semua konten di dalam blog anda. Hal yang paling bisa dirasakan adalah menurunnya traffic yang sangat drastis, misalnya yang biasanya pengunjung per hari mencapai 1000 kini hanya sampai 100 ke bawah setiap harinya. Bisa juga halaman blog anda hilang dari hasil pencarian berada entah di halaman berapa, yang biasanya ada di halaman pertama kemudian lenyap begitu saja. Jadi jika anda serius ingin menjalankan bisnis online untuk jangka panjang, mulai sekarang mulailah menjadi penulis yang baik untuk blog anda sendiri.

Hindari optimisasi yang berlebihan seperti menempatkan kata kunci yang terlalu banyak sehingga terkesan dipaksakan dan berlebihan dalam setiap artikel sehingga terdeteksi oleh alogaritma tidak alami. Kurangi penempatan keyword yang juga berlebihan baik pada judul artikel, deskripsi, dan termasuk pada title serta alt tag untuk gambar. Jika sudah terlanjur, maka perbaiki secara bertahap setiap hari kalau anda tidak ingin segera terkena imbas dari alogaritma terbaru mesin pencari. Karena dampak ini akan sangat terasa sekali terutama bagi anda yang melakukan monetisasi blog seperti dengan iklan adsense, penghasilan yang biasanya mencapai puluhan dollar bisa saja per harinya menjadi 1 atau 2 dollar saja, sebab traffic blog menurun dengan sangat drastis, sayang sekali bukan.

Rawatlah blog dengan penuh semangat dan percaya diri. Dengan merawat blog semakin lebih baik tentunya bisnis online anda akan ramai pembeli. Rawatlah dengan teratur, maka saya yakin betul kegiatan bisnis anda di internet pasti akan aman-aman saja. Jika blog anda aman-aman saja, dan semangat nge-blog anda juga selalu baik-baik saja tentu penghasilan anda juga akan selalu lebih baik. Semoga saja tulisan ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan update terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2